BEBERAPA MAZHAB DAN DIKOTOMI TEORI LINGUISTIK

Kenal Linguistik/ Agustus 19, 2017/ ALIRAN LINGUISTIK, BELI BUKU, REVIEW BUKU/ 0 comments

(Alm.) Prof. Dr. A. Chaedar Alwasilah adalah salah satu linguis senior cukup aktif menulis buku dan artikel ilmiah semasa hidupnya.

Keluasan wawasannya terbukti dengan tulisannya tentang aliran-aliran (mazhab) linguistik dalam buku ini.

Tanpa menghakimi salah satu teori sebagai yang paling benar–seperti yang biasanya dilakukan linguis muda yang baru belajar–beliau berhasil membukakan pandangan pembaca tentang bervariasinya pemahaman linguistik dalam seratusan tahun sejak tulisan de Saussure diterbitkan (1914).

Begitu dinamis dan perkembangpesatnya linguistik menyebabkan berkembang pula ilmu-ilmu lain yang mengambil ide-ide dari linguistik, yang terutama pada bidang Applied Linguistics (linguistik terapan).

Alwasilah juga mengungkapkan beberapa dikotomi teori yang saling bertentangan, namun juga saling mengisi satu sama lain.

Catatan: Hanya ada sedikit buku tentang sejarah teori linguistik semacam ini yang ditulis dalam bahasa Indonesia.

Tercatat hanya Samsuri (1988) yang “menerjemahkan” buku legendaris School of Linguistics (G. Sampson, 1980) dan  Abd. Syukur Ibrahim, dkk. (1985) yang menulis berdasarkan sumber pustaka yang sama.

Hebatnya, Alwasilah tidak mengekor penerjemahan buku Sampson seperti dua buku pendahulunya.

Buku yang ditulis tahun 1993 ini direvisi tahun 2011 tersedia dalam kondisi baru sehingga sangat layak bagi Anda yang sedang menempuh matakuliah semacam Aliran-aliran Linguistik, Sejarah Linguistik, atau Teori-teori Linguistik.

Anda bisa miliki buku yang bakal langka ini dengan harga Rp60.000 saja (belum termasuk ongkos kirim). Hubungi 083840708500 via Whatsapp untuk memesan.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*