Leksikon Etnobotani Bahasa Jawa

Kenal Linguistik/ Agustus 21, 2017/ ARTIKEL ILMIAH, ETNOLINGUISTIK/ 0 comments

Penulis : Dr. Suhandano, M.A.

Artikel yang satu ini adalah salah satu yang bisa menginpirasi kita dalam memahami bagaimana bahasa pada suatu budaya bekerja.

Leksikon tidak hanya berupa kumpulan kata yang berserakan, ia memiliki relasi makna di antara mereka. Dalam pandangan Sapir-Whorf, leksikon (budaya) merupakan salah satu bukti bagaimana (bentuk) bahasa menjadi “jendela” masyarakat penuturnya dalam melihat dunia.

Satu entitas yang sama pun, jika dihadapkan itu terdapat pada dua bahasa yang berbeda, maka perbedaan cara pandang masyarakatnya tecermin pada wujud bahasa yang metunjukkan entitas tersebut. Dr. Suhandano, sang penulis artikel, mengambil contoh kata “rice” dalam bahasa Inggris yang tidak sespesifik bahasa Indonesia.

Dr. Suhandano, M.A.

Dalam salah satu kuliahnya dulu–saat saya masih S-1–beliau mengatakan bahwa jika suatu entitas itu penting pada suatu masyarakat, pastilah leksikon yang berkenaan dengan entitas itu lebih banyak dan bervariasi. Gampangnya, seorang penggembala kambing di desa lebih banyak mengenali nama rumput daripada seorang nelayan dan nelayan lebih paham nama-nama ikan daripada si penggembala domba tadi.

Dengan bahasa yang mudah dipahami, Pak Han mencontohkan penelitian etnolinguistik pada subbidang etnobotani. Kali ini yang diangkat adalah contoh dari tanaman pisang. Kita tahulah bahwa pisang merupakan tanaman tropis yang cukup punya peranan penting dalam masyarakat Jawa.

Dalam pernikahan tradisional, ada gelantungan pohon pisang beserta buahnya. Dalam genduren/kondangan/hamin-hamin (istilah orang Kediri) pun pisang dijadikan pembungkus berkat yang porsinya bisa saja untuk makan 7 orang sampai kekenyangan! hehehe

Paragraf terakhir itu agak mengada-ada. Silakan klik tautan ini agar bisa mengunduh artikel yang terbit di jurnal Humaniora tahun 2004.

Selamat belajar! ^__^

Pengulas: Icuk Prayogi

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*