TAUTAN LINGUISTIK

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi V

Progres luar biasa ditunjukkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (biasa disebut Badan Bahasa, dulu bernama Pusat Bahasa) terkait kamus rujukan kebakuan resmi negara, yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Kita bisa usul kosataka baru, usul lema baru, usul makna baru, usul revisi bentuk atau makna yang telah tertera, dan sebagainya. Tentu saja via online. Hebatnya, selain dapat diakses memakai browser biasa, web ini dapat diunduh dengan i0S atau Android dan dapat digunakan sebagai kamus secara offline! Lagipula, sangat susah mencari versi cetaknya di toko buku (mungkin karena sangat sedikit diproduksi) mengingat semakin banyaknya lema dan sublema yang dimasukkan (127.036 secara total; lema dan sublema baru 16.841; makna baru sebanyak 17.240) dengan bertambah sekitar 600-an halaman dibandingkan jilid IV.

Namun sayang, mungkin admin dari web ini terlalu sedikit atau kurang cekatan–mungkin juga editor yang juga leksikografnya kurang–sehingga usul-usul hanya mengendap tanpa tahu kepastian kapan diproses. Terlebih, ada beberapa makna yang menyeleweng dari yang seharusnya. Beberapa bulan lalu pun seorang kolega juga menanyakan perihal status kelas kata yang “aneh”, tapi sudah diganti sepertinya.

Semoga admin KBBI V Daring tidak melihat siapa yang mengusulkan, namun apa yang diusulkan. Besar harapan bangsa ini guna terciptanya keajegan bentuk dan kedinamisan bahasa yang terarah dan terukur, demi penguatan martabat bahasa Indonesia.

Amiin.

Akses cepat, silakan klik gambar di atas.

Ethnologue, Pemetaan Bahasa-bahasa di Dunia

Ingin menyelancari berbagai bahasa di dunia? Klik saja tautan di atas!

Disusun oleh Summer Institute of Linguistics (SIL) yang berpusat di Dallas, Texas, Amerika Serikat, kita bisa menelusuri status bahasa-bahasa di dunia, baik bahasa dengan penutur yang amat besar maupun bahasa-bahasa dengan penutur sangat sedikit, bahkan yang sudah punah beberapa waktu lalu, berdasarkan pandangan linguis-linguis SIL.

Di Indonesia, pusat SIL terdapat di Jayapura. Ini disebabkan Papua (termasuk Papua Barat dan Papua New Guinea) merupakan pulau yang paling kaya akan jumlah bahasa. SIL selain membuat pendokumentasian, pemetaan, dan penelitian, juga mengembangkan bahasa-bahasa minoritas untuk dikristenkan dengan membuat banyak kamus. Jadi, tidak heran, biasanya linguis SIL itu merangkap misionaris.

Namun demikian, hasil kajian mereka cukup lumayan komprehensif untuk dijadikan acuan, meskipun agaknya masih terdapat sentimen kepentingan keamerikaan (termasuk disintegrasi dari negara berdaulat) dan kekristenan.

Ingin membantah kajian mereka? Bantahlah secara ilmiah! ^_^

Kumpulan Linguis Dunia: Linguistlist.org

Linguist List merupakan gudangnya informasi dari bahasa dan analisis bahasa dari seluruh dunia!

Web ini asli non-profit sebab mengandalkan donasi semata juga tidak berafiliasi agama maupun kepentingan negara tertentu. Jadi, tidak seperti SIL yang (dicurigai) tendensius.

Di panel kiri terdapat berbagai “menu” lezat, yakni informasi pekerjaan linguis, seminar, buku, jurnal, hingga daftar blog linguistik. Tentu untuk menikmatinya, kamu perlu kemampuan berbahasa Inggris yang cukup.

Hmmm inginnya sih Kenal Linguistik menjadi sebesar dan selengkap web ini, tapi dalam lingkup Indonesia saja. hehehe

ELECTRONIC THESES AND DISSERTATIONS (ETD) UGM

Ingin tahu judul-judul tesis dan disertasi linguistik di UGM? Silakan buka link dengan mengeklik gambar di atas dan mulailah mencari. Siapa tahu berguna. 🙂

Well, ini dulu yang dapat kami bagi. Lain waktu, kami akan menambah jumlah dan informasi tautan penting di laman ini. Tentu kami sedikit beropini tentang isinya. ^__^

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*